11 Oktober 2011

Profile DEWIGA

DEWIGA merupakan salah satu desa wisata dari 38 dusun yang dijadikan objek wisata bernuansa alami di daerah Yogyakarta, khususnya di Kabupaten Sleman. DEWIGA terletak di Desa Gabugan Kecamatan Turi K abupaten Sleman atau sekitar 20KM dari pusat kota Yogyakarta. Desa gabugan terdiri dari 5 RT dan 8 RW dan dikepalai oleh kurang lebih 100 KK.
DEWIGA dibentuk untuk memanfaatkan SDA yang ada di desa Gabugan, terutama dalam sektor pertaniaan khususnya budidaya salak. Desa gabugan masuk dalam zona Gunung Merapi, namun masuk dalam zona aman. Dengan keadaan ini, desa Gabugan beriklim sejuk dan masih alami udaranya. Disamping itu, desa Gabugan sangat cocok untuk pembudidayaan tanaman salak, dan ini menjadi mata pencaharian petani di daerah ini.
DEWIGA menawarkan berbagai kegiatan yang menarik untuk keluarga maupun untuk study tour. Kegiatan dibagi dalam beberapa macam, misalnya kegiatan kemasyarakatan, kebudayaan, pertanian dan kuliner, serta peternakan.
1.   Paket wisata sosial masyarakat :
a)  Kegiatan penelitian kependudukan desa Gabugan (biasanya untuk rombongan study tour SMA)
2.   Paket kebudayaan
a)  Membatik
b)  Belajar tarian tradisonal khas Yogyakarta
c)   Bermain gamelan
d)  Wayang kulit
e)  Kesenian budaya khas daerah desa Gabugan
3.   Paket pertanian
a)  Kegiatan merawat dan membudidayakan salak
b)  Kegiatan membajak sawah
c)   Kegiatan memandikan kerbau
d)  Kegiatan bercocok padi
e)  Kegiatan penanaman melon
4.   Paket kuliner
a)  Pembuatan wajik salak jawa
b)  Pembuatn kripik talas
c)   Pembuatan bakso sapi

Info lebih lanjut klik www.desawisatagabugan.com
10.jogja kota desa wisata
Tak dipungkiri lagi predikat sebagai kota pelajar telah melekat lama pada kota Yogyakarta. Berbagai argumenpun muncul, mungkin di Yogya banyak tempat-tempat pendidikan misalnya dari tingkat SMP,SMA, sampai perguruan tinggi. Banyak perguruan tinggi di Yogya yang sudah mempunyai kualitas nasional bahkan sudah go internasional.
Membicarakan kota Yogya sebagai kota pelajar memang tidak ada habisnya, namun dikesempatan ini lebih di fokuskan pada kota Yogya sebagai kota wisata, dan sepertinya juga tidak ada habisnya membicarakan wisata yang ada dikota yang dikenal dengan julukan kota gudeg.
Dari data yang secara tak sengaja aku peroleh, di Yogya ini ada sekitar 86 desa wisata yang dikelola baik oleh masyarakat setempat atau menggunakan semi investor. Dari 86 desa wisata tersebut mempunyai daya tarik tersendiri. Dan kali ini aku akan berbagi mengenai sebuah desa yang aku tinggali dari 12tahun yang lalu. DEWIGA kepanjangannya adalah Desa Wisata Gabugan, terletak di kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, atau sekitar 10KM dari pusat kota Yogyakarta.
DEWIGA mulai merintis usaha ini sekitar 5 tahun yang lalu,usaha ini awalnya dari gagasan kelompok karang taruna desa Gabugan, mulai dari itu berkembang dan terus berkembang sampai saat ini. DEWIGA merupakan salah satu desa yang menjadikan wilayah sebagai tempat wisata yang masih mempertahankan nuansa alami pedesaan, dengan berbagai paket wisata yang dikemas sedemikian rupa sehingga menarik untuk dicoba.
DEWIGA menawarkan berbagai paket misalnya paket kebudayaan, paket pendidikan, paket kuliner dan lainnya. Biasanya DEWIGA melayani peminat khusus seperti rombongan study tour siswa menengah atas dari kota Jakarta. Para wistawanpun dapat merasakan tinggal di rumah-rumah penduduk yang disewakan “home stay” dan merasakan “life in” di desa Gabugan. Tak kalah menarik, wisatawan dapat menikmati kuliner khas Gabugan, aneka jajanan pasar yang menciptakan suasana yang “ndeso” tapi berkesan, jika anda membutuhkan info lebih lanjut dapat melihat pada situs www.desawisatagabugan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar