22 Mei 2012

Kuliah apa sekedar nongolin batang hidung.


resiko jadi mahasiswi yang seneng memeperhatikan gerak-gerik mahasiswa-mahasiswi yang bagi kebanyakan orang g penting dan kayak kurang kerjaan. ya emang gue kurang kerjaan, karena semua pekerjaan rumah uda di handle sama mama, dan tugas gue Cuma belajar dan membantuk sedikit pekerjaan orang tua, tapi bukan berarti gue durhaka loh, gue juga buktiin dengan dapet IPK di atas 3,5
pada semester awal gue kuliah.
ngomongin tentang kuliah dan serba-serbi tentang kampus g akan ada habisnya sob, selalu menarik buat diobrolin, ya itung-itung buat nostalgia buat kalian yang uda jadi mantan mahasiswa-mahasiswi atau yang sekarang masih betah dikampus sebagai mahasiswa-mahasiswi abadi.
emang keliatan jelas antara mahasiswa yang niat beneran mau kuliah sama yang pura-pura niat padahal Cuma mau menuhin folder absensi aja. secara kasat mata dapat dilihat dari penampilan, anak yang rajin selalu bawa tas yah minimal ransel lah buat masukin buku dan lainnya, dan bedain sama yang g niat-niat itu, ke kampus Cuma bawa badan, mana belum dimandiin juga badannya, dengan santai pakai celana jeans plus kaos oblong yang setiap minggu g ganti ditambah sandal jepit.
cerita di dalam kelaspun beda antara anak rajin sama anak yang ikut-ikut sok rajin. anak rajin itu selalu datang paling awal dari dosennya dan selalu duduk di bangku pertama, sebelum dosen masuk uda nyiapin buku sama ballpoint di tangan, siap menerima materi dari dosen. beda sama anak sok ikut-ikutan rajin, masuk kelas selalu ditelat-telatin, tanggung ngabisin rokok dulu, ntar mubazir, dan masuk kelas dengan tampang bego, tapi emang dasarnya uda bego mau di apain lagi tetep bego. cari tempat duduk paling belakang, setelah absen di puter pinjem ballpoint dan absen, keliatan g modal, ballpoint aja minjem, jangan-jangan muka lo juga minjem sob.
kebukti waktu UTS sama UAS, anak rajin mah santai-santai aja, secara materi uda nyantol di otak plus punya duplikat catetan, lah kalau anak sok ikut rajin, nyatet aja g, uda masuk ke kelas aja uda syukur banget. dan kalau uda mendekati hari H ujian, mulailah mencari para anak-anak dosen dalam arti yang di kelas selalu mantengin dosen dan mencatat semua yang beliau katakan. mending pinjem buat di salin ulang, lah ini dicopy, diperkecil dan dijadikan bahan buat contekan. panteslah negara ini masih belum bisa jauh-jauh dari yang namanya korupsi, ujian aja nyontek sob, g sekalian aja biar praktis dikit lo beli aja gelar.
jadi mahasiswa baru itu g gampang sob. mahasiswa adalah masa transisi antara masa sekolah menengah atas ke perguruan tinggi, dan ini membutuhkan usaha yang g gampang sob, dibutuhkan kemampuan untuk adaptasi dan mengubah kebiasaan dari yang alay jadi lebih alay, maksudnya lebih dewasa.
salah satu yang bikin gelar mahasiswi baru adalah ikut ospek yang sekarang jadi opak, kalau lo g ikut acara yang satu itu, g ngerasaain gimana nurutnya sama senior yang songgong-songgong. setelah beberapa minggu jadi mahasiswa baru, pasti ada tawaran ikut UKM atau ORKAM (Organisasi Kampus), dan gue saranini hati-hati dalam memilih UKM atau ORKAM, pastikan niat yang tulus buat ikut salah satu kegiatan kampus tersebut dan bukan karena niat, secara yang jadi senior UKM ganteng-ganteng dan elu ngarep bisa macarin salah satu dari mereka. dan hati-hati dengan membagi waktu lo antara kegiatan sama kuliah, usahaain bisa balance dan g menganggu satu sama lainnya. jiah,gue sok bijaksana, gue aja masih semester 2 dan jujur saja gue g ikut UKM atau ORKAM apapun, sisi positifnya adalah gue lebih konsen ke kuliah dan IPK gue di atas 3,5 tapi sisi negatifnya gue kurang suka bergaul, jadi pendiem, susah ngomong, dan anti sama anak-anak yang kadang gue anggap alay dan lebay sama UKM atau ORKAM tempat mereka bernaung. dan saran gue buat kalian calon mahasiswa-mahasiswi Indonesia, pilihlah kampus yang bener-bener jadi passion kalian, karna kuliah itu paling cepet 3,5 tahun sob, kalau elu milih kampus karena terpaksa, di jamin di tengah jalan bakal menemui suatu kebosenan, siapkan mental dan fisik, budget juga apalagi buat kalian yang memutuskan buat kuliah di luar kota, janaan jadi anak manja di kota orang, jadi anak yang baik, kuliah yang bener, lulus cepet, langsung kerja, dan married. sekian dari gue, semoga apa yang gue sharing ini g bikin elu di gurui sama anak kecil kayak gue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar