11 Oktober 2011

Taklukkan teknologi bukan di taklukkan teknologi

Sedikit aneh dengan judulnya, tapi tidak masalah, toh judul hanya sebagai daya tarik mata dan diteruskan otak untuk membaca atau mengabaikannya. Siapa yang tidak kenal dengan teknologi ? kebanyakan dari kita telah menggunakan teknologi atau hasil dari teknologi itu sendiri, bahkan dapat dikatakan manusia tidak dapat hidup tanpa teknologi, benarkah ?
Para ahli telah menciptakan teknologi untuk manusia, ya walaupun tidak murni pasti ada embel-embel “bisnis” yang merujuk pada “money”, bisa dibilang ada uang ada barang, toh dengan dalil telah menggunakan otak demi kepentingan manusia harus ada “reward”nya.
Secara lebih khusus saya akan mengupas sedikit penggunaan teknologi di kalangan “youth generation” atau kalangan anak muda. “Wih gadget baru nih ? Kapan belinya” ? dan segelintir pertanyaan lainnya, apa itu gadget ? ada pengertian yang spesifik tentang gadget, namun bagi saya gadget itu adalah hasil dari teknologi yang membantu atau memudahkan aktivitas penggunanya. Bagi anda teknologi itu untuk apa ? tentu banyak sekali manfaat yang kita perolah dari teknologi, ambil contoh adalah internet yang saat ini sedang booming atau naik daun terutama di kalangan pejabat,pebisnis bahkan anak kecil. Penggunaan teknologi dalam hal ini internet akan tepat sasaran jika digunakan pada waktunya dan sesuai kebutuhan.
Tidak dipungkiri penggunaan internet di kalangan remaja sangat pesat, ditambah dengan inovasi berbagai “social networking” seperti friendster, facebook, twitter, plurk dan lainnya. Ini akan membuat akses internet berkembang sangat pesat. Yah jika penggunaan social networking ini di gunakan dengan baik, alih-alih bisa menjadi lahan mencari rejeki atau sekedar mencurahkan kegemaran menulis. Tapi hanya digunakan untuk sekedar berbagi perasaan yang bisa dikatakan “kegalauan” yang sedang terjadi.
Berbagi informasi, sharing cerita yang bisa memotivasi orang lain itu lebih baik daripada menceritakan kegalauan hati, penderitaan diri, ingat masih ada orang yang lebih menderita daripada diri anda, jadi jangan selalu mengeluh dengan keadaan anda, bersemangatlah menjalani hidup anda, mau seneng sedih, terus jalani hidup anda dengan optimis, percayalah Tuhan tidak akan memberikan cobaan pada makhluknya melebihi kemampuannya.
Bikin hidup yang hanya satu kali ini menjadi lebih berarti, manfaatkan apa yang telah diberikan oleh Tuhan kepada kita berupa alam yang indah ini, pergunakan dengan baik pula ciptaan manusia yang notabene melalui camput tangan dari Tuhan juga, jadilah generasi yang cerdas, jadilah orang yang dapat menggunakan teknologi dengan baik, jika anda mampu maka buatlah hasil teknologi yang berguna untuk orang lain, percayalah anda bisa dan buat bangga diri anda dengan karya hasil anda digunakan oleh orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar